Jumat, 26 Oktober 2012

Bab 1 Mikroekonomi

BAB 1

ESEI
1. Apakah persoalan pokok yang menyebabkan analisis ekonomi diperlukan ? Uraikan definisi Profesor P.A. Samuelson mengenai ilmu ekonomi.
2. a. Terangkan sifat-sifat penting dari suatu teori ekonomi. Apa yang disebut dengan ceteris
paribus? Mengapa ia perlu digunakan?
b. Apakah pernyataan positif dan apa bedanya dengan pernyataan normative ? mengapa kita perlu membedakan pernyataan positif dengan pernyata an normative?
3. a. Apa yang biasanya diterangkan dalam grafik ekonomi? Buat beberapa contoh hubungan
antara dua variabel yang dapat digambarkan dalam grafik.
b. Apa angka indeks? Bagaimanakah ia membantu analisis ekonomi? Di samping membentuk angka indeks, apakah peranan lain dari ilmu statistic dalam analisis ekonomi ?
4. Dari segi pendekatan dalam analisisnya, terangkan perbedaan antara teori mikroekonomi dan teori makroekonomi. Secara ringkas terangkan pola dan ruang lingkup analisis kedua teori tersebut.

PENYELESAIAN
1. Persoalan pokok yang menyebabkan analisis ekonomi yaitu masalah pilihan alokasi sumber daya yang langka / kekurangan. Yang terdiri dari :
a. Barang apa yang harus diproduksi dan berapa banyak agar kesejahteraan masyarakat meningkat?
b. Bagaimana cara memproduksinya ? yaitu metode dan teknologi apa yang digunakan dalam proses produksi ?
c. Untuk siapa barang dan jasa diproduksi? Erat kaitannya pada konsep keadilan masyarakat. Bagi masyarakat egaliter, keadilan brarti setiap individu memperoleh jumlah yang sama. Sedangkan masyarakat utilitarian tidak terlalu mementingkan keadilan dalam jumlah,yang penting apakah sesuai dengan kebutuhan atau tidak.

Profesor P.A Samuelson memberikan definisi ilmu ekonomi secara berikut: Ilmuekonomi adalah suatu studi mengenai individu-individu dan masyarakat membuat pilihan, dengan atau tanpa penggunaan uang, dengan menggunakansumber-sumber daya yang terbatas- tetapi dapat digunakan dalam berbagai carauntuk menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa dan mendistribusikannyauntuk kebutuhan konsumsi, sekarang dan dimasa datang, kepada berbagai individu dan golongan masyarakat dengan demikian persoalan pokok yangditerangkan dalam analisis ekonomi pada hakikatnya bertujuan untuk menjawabpertanyaan berikut : Bagaimana caranya menggunakan sumber-sumber dayaatau pendapatan tertentu agar penggunaan tersebut dapat memberiakankepuasan dan kemakmuran yang maksimum kepada individu dan masyarakat.

2. a . Setiap teori ekonomi mempunyai 4 unsur penting berikut:
a . Definisi-definisi yang menjelaskandengan sebaik-baiknya variabel-variabel yang sifat-sifat hubungannya akan diterangkan dalam teori tersebut.
b. Sejumlah asumsi-asumsi atau pemisalan-pemisalan mengenai keadaan yang harus wujud supaya teori itu berlaku dengan baik.
c. Satu atau beberapa hipotesis mengenai sifat-sifat hubungan di antara berbagai variabel yang dibicarakan.
d. Satu atau beberapa ramalan mengenai keadaan-keadaan yang akan berlaku.
Cateris paribus adalah factor-faktor lain dianggap tetap. Yang artinya dalam analisis ekonomi (hubungan dua variabel), harus disadari bahwa kesimpulan yang ditarik berdasarkan asumsi variabel-variabel lain dianggap tetap/tidak berubah.
Cateris paribus perlu digunakan karena model ekonomi (pernyataan formal sebuah teori) merupakan penyederhanaan realitas ekonomi, sehingga memiliki keterbatasan.

b. Pernyatann positif menerangkan tentang hal-hal yang akan terjadi dalam perekonomian. Oleh karena itu kebenaran pernyataan dapat dilihat dengan membandingkan isi pernyataan dengan peristiwa yang sebenarnya terjadi.
Berbeda dengan pernyataan normative yang merupakan suatu pandangan subjektif (value judgment), bukan dengan mengemukakan pendapat mengenai keadaan yang akan terjadi tetapi mengenai apa yang seharusnya terjadi.
Perlunya membedakan pernyataan positive dengan pernyataan normative, untuk memberikan gambaran antara suatu pernyataan yang sesuai dengan kejaidan di lapangan / pernyataan yang ada pembuktiannya dengan suatu pernyataan yang seharusnya terjadi.
3. a. Yang biasa diterangkan dalam grafik ekonomi adalah hubungan antara input (dalam arti factor produksi) dengan output (jumlah / hasil produksi).

b. angka indeks merupakan suatu analisis data statistik yang terutama ditujukan untuk mengukur berapa besarnya fluktuasi perkembangan harga dari berbagai macam komoditas selama satu periode waktu tertentu. Membantu dalam analisis ekonomi kerena Menyediakan berbagai jenis angka indeks untuk menunjukkan kecenderungan
perkembangan variabel-variabel ekonomi tertentu dari waktu ke waktu.
Peranan lain dari ilmu statistic adalah Menguji atau menyelidiki kebenaran pandangan dalam teori-teori ekonomi.


4. Teori mikroekonomi dapat didefinisikan sebagai: satu bidang dalam ilmu ekonomi yang menganalisis mengenai bagian-bagian kecil dari keseluruhan kegiatan perekonomian.Isu pokok yang dianalisis dalam teori mikroekonomi adalah: bagaimanakah caranya menggunakan faktor-faktor produksi yang tersedia secara efisien agar kemakmuran masyarakat dapat dimaksimumkan?
Analisis makroekonomi merupakan analisis terhadap keseluruhan kegiatan perekonomian.
Ruang lingkup teori mikro : interaksi di pasar barang, yang menimbulkan adanya penawaran dan permintaan barang / adanya interaksi pembeli dengan penjual. Tingkah laku pembeli dan penjual, menjelaskan tentang bagaimana seorang pembeli mengunakan sejumlah pendapatan untuk membeli berbagai jenis barang yang dibutuhkan.dan bagaimana seorang penjual menentukan tingkat produksi yang akan dilakukannya.
Ruang lingkup teori makro : pengeluaran rumah tangga (konsumsi), pengeluaran pemerintah (goverment), pengeluaran perusahaan-perusahaan (investasi) dan ekspor-impor. Teori makroekonomi meliputi juga analisis dalam berbagai aspek berikut:
• Masalah ekonomi yang dihadapi, terutama pengangguran dan inflasi, dan bentuk kebijakan pemerintah untuk mengatasinya.
• Peranan uang dalam penentuan kegiatan ekonomi.

0 komentar:

Poskan Komentar

tianahalawa. Diberdayakan oleh Blogger.