Jumat, 26 Oktober 2012

Bab 3 Mikroekonomi

ESEI
1. Apakah masalah-masalah pokok yang dihadapi oleh setiap perekonomian? Adakah setiap masyarakat mengatasi masalah –masalah pokok tersebut dengan cara yang sama?
2. Definisikan batas kemungkinan produksi , apakah bedanya dengan kurva kemungkinan produksi? Terangkan pemisalan-pemisalan yang digunakan untuk membuat kurva kemungkinan produksi.
3. “Dengan menggunakan kurva kemungkinan produksi dapat digambarkan keadaan kesempatan kerja penuh, pengangguran, penghamburan, keadaan yang tidak tercapai dan masalah pertumbuhan ekonomi yang lesu”. Terangkan maksud pernyataan ini.
4. Terangkan ciri-ciri dari tiga system perekonomian yang anda ketahui. Adakah ketiga system ekonomi tersebut mangatasi masalah-masalah ekonomi dengan cara yang sama? Terangkan jawaban anda.

PENYELESAIAN
1. Tiga permasalahan pokok yang dihadapi setiap perekonomian,yaitu :
a. Apakah barang dan jasa yang diproduksikan?
b. Bagaimanakah caranya memproduksikan barang dan kasa tersebut?
c. Untuk siapakah barang dan jasa tersebut diproduksikan?
Masyarakat dalam mengatasi masalah pokok dalam perekonomian berbeda-beda. Tergantung kondisi dan peluang di sekitarnya.

2. - Batas kemungkinan produksi adalah produksi yang dapat diciptakan masyarakat pada suatu periode tertentu apabila faktor-faktor produksi sepenuhnya digunakan dan tingkat teknologi tidak berubah.
- Kurva kemungkinan produksi : suatu kurva yang menggambarkan kombinasi 2 barang yang dapat dihasilkan oleh sejumlah faktor-faktor produksi tertentu yang dapat diubah kombinasinya, apabila dimisalkan faktor-faktor produksi tersebut sepenuhnya digunakan dan tingkat teknologi tidak berubah
- Pemisahan –pemisahan yang digunakan untuk membuat kurva kemungkinan produksi :
a. Faktor-faktor produksi sepenuhnya digunakan
b. Faktor-faktor produksi tetap jumlahnya / tidak dapat ditambah
c. Teknologi tidak mengalami perubahan
d. Hanya 2 macam barang diproduksi / dihasilkan
e. Biaya kesempatan semakin meningkat

3. Maksud dari pernyataan di atas adalah dalam perekonomian dimana faktor-faktor produksi sepenuhnya digunakan bukanlah keadaan yang selalu berlaku. Dengan demikian untuk membuat gambaran mengenai kegiatan produksi yang lebih mendekati kenyataan adalah perlu untuk membuat pemisahan yang berbeda dengan yang digunakan dalam analitis sebelum ini mengenai penggunaan faktor-faktor produksi yaitu dengan menggunakan “kurva kemungkinan produksi”.

4. Sistem pasar bebas, ciri-cirinya :
- Pemerintah sama sekali tidak campur tangan dan tidak pula berusaha mempengaruhi kegiatan ekonomi yang dilakukan masyarakat.
- Seluruh sumber daya yang tersedia dimiliki dan dikuasai oleh anggota-anggota masyarakat, dan mereka mempunyai kebebasan penuh untuk menentukan bagaimana sumber-sumber daya tersebut akan digunakan.
- Bebas menentukan jenis pekerjaan yang ingin mereka lakukan, jenis usaha yang ingin mereka kembangkan, dan jenis barang-barang yang akan mereka beli dari pendapatan yang diperoleh.
Sistem ekonomi campuran, ciri-cirinya :
- Pengaturan kegiatan ekonomi sebagian besar ditentukan oleh pasar bebas (mekanisme pasar) dan sebagian lainnya diatur dan dilakukan oleh pemerintah.

Sistem perencanaan pusat, ciri-cirinya :
- Semua faktor-faktor produksi dan unit-unit produksi dimiliki oleh pemerintah
- Pengguna faktor-faktor produksi yang tersedia dan alokasinya keberbagai unit produksi ditentukan oleh pemerintah melalui perencana pusat.

Sistem pasar dan sistem ekonomi campuran mengatasi masalah-masalah ekonomi dengan menggunakan sistem mekanisme pasar. Sedangkan sistem perekonomian pusat dengan mengikutsertakan peranan pemerintah sebagai perencanaan pusat untuk mengatasi masalah-masalah ekonomi tersebut

1 komentar:

Ryano Azumi Kunnichiwa Kunnichiwa mengatakan...

Makasih sob materi mikroekonominya
kunjungi ya sob
http://ikubarunovryan.blogspot.com/

Poskan Komentar

tianahalawa. Diberdayakan oleh Blogger.