Jumat, 26 Oktober 2012

PERANGAKAT KOMPUTER

SISTEM BERBASIS KOMPUTER
1 Pengertian system
Sistem adalah kumpulan elemen yang saling berinteraksi untuk satu tujuan tertentu.
Beberapa prinsip umum system sebagai berikut :
1. System selalu merupakan bagian system lebih besar. Sistem ini dapat dipartisi menjadi (sub) system yang lebih kecil.
2. System lebih terspesialisasi akan kurang dapat beradaptasi untuk menghadapi keadaan-keadaan berbeda.
3. Lebih besar ukuran system maka akan memerlukan lebih banyak sumber daya untuk operasi dan pemeliharaan.
4. System senantiasa mengalami perubahan tumbuh dan berkembang.
Sistem mempunyai : (1) Komponen, (2) Batas Sistem, (3) Lingkungan Luar Sistem, (4) Penghubung, (5) Masukan, (6) Keluaran, (7) Pengolah, dan (8) Sasaran.
Sistem yang dikaji berada di dalam batas, sementara di luar batas adalah lingkungan dimana sistem berinteraksi. Lingkungan didefinisi sebagai kondisi-kondisi yang melingkungi system, di luar batas sistem, mempengaruhi dan dipengaruhi batas sistem tetapi tidak dapat dikendalikan oleh sistem.
Di sistem berbasis computer, pilihan terhadap batas sistem sering diakibatkan konstrain-konstrain berikut : (1) Konstrain Keuangan, (2) Konstrain Waktu, (3) Konstrain Sumber Daya, (4) Konstrain Efektifitas Biaya. Dengan demikian sistem adalah :
Sekumpulan objek atau elemen yang di pandang sebagai keseluruhan dan dirancang untuk mencapai satu sasaran, memiliki batas dimana sistem berada di dalamnya dan di luar batas adalah sebagai lingkungan.
2 Komponen Sistem Makhluk Hidup
Sistem terbagi menjadi : (1) Sistem Alami (Natural System), terdiri dari sistem fisik (Physical System) dan sistem yang hidup (Living System), dan (2) Sistem Buatan Manusia (Man-Made System)
Miller, 1978. Sistem makhluk hidup terdiri dari komponen-komponen berikut :
1. Reproducer, bagian yang mampu memberikan peningkatan menjadi sistem lain dimana sistem terdapat di dalamnya.
2. Ingestor, bagian yang membawa materi-energi melewati batas sistem dari lingkungan.
3. Distributor, bagian yang membawa masukan dari luar sistem.
4. Extruder, bagian yang menstransmisi materi-energi keluar dari sistem dalam bentuk produk/limbah.
5. Motor, bagian yang menggerakkan komponen-komponen dari lingkungan dalam saling hubungan dengan sistem.
6. Memory, bagian yang membawa tahap kedua proses belajar, menyimpan beragam informasi di sistem selama periode-periode waktu yang berbeda.
7. Decider, bagian yang menerima masukan informasi dari semua subsystem lain.
8. Asociator, bagian yang membawa tahap pertama proses belajar, membentuk asosiasi yang bertahan di antara item-item informasi di system.
9. Supporter, bagian yang merawat komponen-komponen system sehingga komponen-komponen dapat berinteraksi tanpa memberatkan lainnya.

3 Properti dan Atribut Sistem
Properti-properti system yang muncul antara lain :
1. Properti-properti system muncul sebagai keseluruhan bukan properti yang diturunkan dari properti komponen-komponen sistem.
2. Properti system yang muncul adalah konsekuensi hubungan antar komponen-komponen sistem.
3. Properti system yang muncul hanya dapat dikaji dan diukur begitu komponen-komponen itu telah dipadu menjadi satu sistem.
Kehandalan sistem berbasis computer dipengaruhi oleh hal-hal berikut :
1. Kehandalan perangkat keras, misalnya kegagalan komponen perangkat keras serta berapa lama untuk memperbaiki komponen.
2. Kehandalan perangkat lunak, seberapa besar peluang komponen perangkat lunak menghasilkan keluaran tidak benar.
3. Kehandalan operator, seberapa peluang operator membuat kesalahan.
Atribut-atribut yang sering muncul di sistem kompleks, yaitu :
1. Seringnya kompleksitas berbentuk suatu hirarki.
2. Pilihan komponen-komponen system yang primitive relative sembarang dan terutama terserah pada pengamat dari system itu.
3. Kaitan intrakomponen (di dalam komponen) lebih kuat dibandingkan kaitan antar komponen.
4. System hirarki biasanya disusun oleh beberapa/sedikit jenis subsystem dalam beragam kombinasi dan penyusunan.
5. System kompleks bekerja ditemukan berevolusi secara tetap dari sistem sederhana yang bekerja.
Kapasitas intelektual manusia tidak sanggup menangani system besar secara langsung.
Dijksta menyatakan “teknik penguasaan kompleksitas yang ampuh telah dikenal manusia sejak zaman kuno, yaitu : Divide et empire, atau divide and rule, atau divide and rule, atau pecah belah kemudian kuasai.

4 Sistem Berbasis Computer
Komponen sistem berbasis computer adalah :
1. Perangkat keras computer (computer hardware)
2. Orang (people)
3. Program perangkat lunak computer (computer software program)
4. Basis data (database)
5. Prosedur (procedure)
6. Dokumentasi
Dari keenam komponen terakhir (3)(4)(5)(6) merupakan hasil aktivitas rekayasa perangkat lunak. Booch menyebut sebagai artifak (artifact) perangkat lunak terdiri artifak-artifak hasil rekayasa perangkat lunak.
System berbasis computer berisi instruksi-instruksi yang memerintahkan computer melakukan aksi atau membuat keputusan yang mengendali computer. Computer dapat berupa handheld devices seperti handphone, PDA (Personal Digital Assistant) sampai aplikasi tersebut skala interprise di banyak workstation dan sector. Aplikasi dapat berkomunikasi lewat jaringan komunikasi, berkomunikasi dengan computer-komputer yang tidak berada dalam kendali dalam organisasi
5 Rekayasa dan Teori
Ilmu informatika / computer mempunyai dua komponen, yaitu : gagasan dan modul fundamental yang mendasari komputasi dan teknik rekayasa untuk perancang sistem komputasi.
1. Sisi Rekayasa
Rekayasa adalah upaya membentuk produk berkualitas melalui pendekatan yang sistematik berdasarkan sains dan matematika dalam merancang, menghasilkan dan mengoperasikan struktur, mesin, proses atau sistem.
Karakteristik disiplin rekayasa adalah
o Teknologi-teknologi yang digunakan dapat dipahami secara bagus.
o Prosesi-prosesi yang terdefinisi bagus
o Hasil di masing-masing tahap proses dapat diproses
o Keberulangan langkah-langkah proses.
Rekayasa bukan suatu yang murni eksak tapi juga memerlukan kecerdikan dan imajinasi.
Henry Petroksi menyatakan : “Konsep perancangan system yang sama sekali baru dapat melibatkan banyak imajinasi serta sintesi banyak pengalaman dan pengetahuan seperti yang terjadi pada seniman kala menuangkan karya di atas kanvas atau kertas. Perancangan di artikulasi rekayasawan sebagai seniman tetapi juga harus di analisis rekayasawan (yang berperan) menerapkan metode ketat sebagaimana yang seharusnya di lakukan sebagai seorang saintis.”
Rekayasa adalah menciptakan solusi yang cost-efective terhadap persoalan praktis melalui penerapan pengetahuan sains dengan membangun sesuatu untuk melayani umat manusia.
Pendekatan rekayasa pada pengembangan system berbasis computer mencirikan penerapan prinsip-prinsip, metode-metode, standar-standar dan teori yang memungkinkan pengelolaan, perencanaan, pemodelan, perancang, implimentasi, pengukiran, analisis, perawatan, dan evolusi sistem berbasis computer. System berbasis computer seharusnya merupakan produk yang di rancang dan di bangun lewat aktivitas-aktivitas rekayasa yang berdisplin dan sistematis.
Pembangunan system berbasis computer kompleks sangat sulit. System berbasis computer besar merupakan salah satu di antara system-system paling kompleks yang pernah dibangun manusia.
2. Sisi Teori
Teori meyediakan konsep dan prinsip yang dapat membantu kita memahami sifat umum suatu bidang kajian. Bidang informatika/computer memiliki banyak topik spesial mulai dari perancangan mesin sampai pemrograman. Meski bidang-bidang itu tampak berbeda, terdapt prinsip-prinsip serupa yang mendasari. Agar kita mampu mempelajari prinsip-prinsip dasar yang melandasi bidang-bidang itu maka kita perlu membangun model-model abstrak komputasi. Model-model abstrak ini memuat fitur-fitur penting perangkat keras dan perangkat lunak serta banyak bentukan spasial dan kompleks yang di temui saat bekerja dengan computer.
Sebelum computer lahir, ilmuan David Hilbert telah menciptakan algoritma umum untuk membuktikan (seluruh) persoalan matematika secara otomatis. Banyak ilmuan bekerja di persoalan ini diantaranya Alonzo Church, Stophen Kleene, Emilo Post, Andrei Andreivich Markov, john Von Neumann serta Alan Turing. Saat itu lahir teori otomata. Teori dimulai di bidang logika matematika / formal.
David Hilbert mencoba membuat program yang mampu menentukan salah dan benar sembarang proposi matematika. Tahun 1931, Kurd Godel mempublikasi teorema ketidaklengkapan yang membuktikan prosedur / algoritma. Yang dikehendaki David Hilbert itu tidak akan pernah ada. Godel membangun rumus di kalkulus predikat yang diterapkan pada bilangan bulat yang memiliki pernyatan-pernyataan yang tidak dapat dibuktikan maupun dibantah di system logika yang mungkin dibangun manusia. Formalisasi argumen ketidaklengkapan Godel serta formalisasi pengertian prosedur efektif secara intuisi merupakan salah satu pencapaian intelektual terbesar abad 20.
Pengembangan teori otomata dan bahasa difasilitasi perkembangan bidang Psycho-linguistik. Sekitar tahun1950an, Noam Chomsky menciptakan model matematika sebagai sarana untuk mndeskipsi bahasa. Saat itulah dimulai pendalaman bidang bahasa computer.
Perbedaan antara bahasa computer dan bahasa manusia adaah kita sampai sekarang tidak mengetahui bagaimana manusia mengartikan bahasa, sementara kita dapat mengetahui secara pasti cara kerja computer mengartikan komputernya.
Teori bahasa memperoleh perhatian sejak tahun 1950. tahun 1950an, Noam Chomsky mengemukakan perangkat formal disebut grammar untuk memodelkan property-property bahasa. Grammar berisi sejumlah aturan untuk menspesifikasikan bahasa. Grammar mampu menghasilkan kalimat-kalimat yang secara sintaks benar. Bahasa berisi semua string yang dapat menggunakan aturan-aturan grammar. Meski pembahasan Chomsky ditunjukkan untuk bahasa alami, grammar mempunyai manfaat besar di ilmu komputer untuk mendeskripsikan definisi sintaks bahasa pemrograman dan bahasa-bahasa formal yang lainnya.
Mesin abstrak sederhana, finite automa dikemukakan McCulloch dan Pitts untuk memodelkan neuton nets. Finite automata untuk merancang Swiching Cicuit. Studi mengenai teori automata terkait bidang-bidang lain. Kemudian ekivalensi anta antara finite automata dan ekspresi regular (regular expresation) dikemukakan Stephen Kleene. Sejak saat itu, teori ini dikaitkan secara erat dengan teori bahasa formal.
Finite automata dapat dinyatakan sebagai pengenal bahasa. Bahasa yang dikenali finite automata adalah bahasa sederhana namun mempunyai aspek penerapan sangat penting di ilmu informatika. Saat ini finite automata untuk menyelesaikan beragam persoalan perangkat lunak terutama pada pengolahan teks / string.
Turing Machine seperti computer modern saat ini. Turing machine dapat mengolah masukan (symbol di tape) dan menghasilkan keluaran (symbol-symbol yang di tapenya setelah berakhirnya sebasisan pergerakan).
3. Model komputasi
Penelitian komputabilitas memerlukan model formal komputasi. Banyak usulan komputasi diantaranya Recursive Functions, Lambda Culculusi dari Alonza Churth, Markov System, Turing Machine dan sebaginya. Semuanya dapat dibuktikan mampu menyelesaikan sekumpulan persoalan yang sama. Church Turing Thesis mangatakan satu persoalan mempunyai satu solusi algoritmik hanya jika persoalan itu dapat diselesaikan dengan sembarang system komputasi itu. Turing machine adalah model sederhana dan memiliki keserupaan dengan mesin computer digital. Untuk menunjukan satu persoalan tidak mempunyai solusi dapat direduksi dengan membuktikan tidak ada turing machine yang dapat dibangun untuk menyelesaikan persoalan itu.
Agar tidak tergantung pada computer atau teknologi tertentu, teori mengusulkan mesin dan bahasa abstrak sebagai model komputasi. Mesin abstrak ini seampuh computer nyata dalam arti model komputasi dapat menyelesaikan sembarang persoalan yang dapat dilakukan oleh computer. Juga sebaliknya, mesin abstrak ini juga hanya dapat menyelesaikan persoalan tidak melebihi yang dapat diselesaikan computer. Mesin absrtak ini mendefinisikan “arti komputasi”.


PERANGKAT LUNAK PENGOLAH KATA

Perangkat lunak pengolah kata (Word Processing) adalah perangkat lunak aplikasi yang digunakan untuk membuat tulisan di computer. Berbagai macam bentuk tulisan atau dokumen dibuat dengan menggunakan program pengolah kata, antara lain : laporan, buku, majalah bulletin, poster, brosur, dan lain sebagainya.
Meskipun digunakan untuk pengolah teks, perangkat pengolah kata pada umumnya dilengkapi dengan kemampuan untuk penyertaan gambar, tabel, dan grafik bersama-sama dengan teks yang ada di dokumen.
a. Berbagai Perangkat Lunak Pengolah Kata
Lotus Word Pro
Lotus Word Pro adalah pengolah kata yang dikeluarkan oleh IMB. Kelebihan dari lotus Word pro adalah kemampuan untuk mempertukarkan file dokumen dengan Microsoft Word. Ini berarti file dokumen yang di buat di Word dapat dibuka dan diedit di lotus word pro dan demikian juga sebaliknya. Lotus word pro dapat membuka file-file word dan beberapa aplikasi pengolah kata lainnya. Lotus word pro memungkinkan pengguna untuk mendiktekan secara langsung teks-teks yang ingin diketik. Lotus word pro juga dilengkapi dengan fasilitas Helpful Menu Frider yang menbantu pengguna untuk menemukan perintah-perintah yang sesuai dengan perintah Word dan WordPerfeck. Lotus Word Pro juga dilengkapi fasilitas penggunaan yang berhubungan dengan internet dimana kita langsung dapat mengirim e-mail dari jendela Word Pro. Selain itu, Word Pro juga dilengkapi kemampuan untuk membuat file HTML, yaitu file yang digunakan untuk membuat halaman-halaman web.


Corel WordPerfeck
WordPerfeck merupakan program aplikasi pengolah kata yang dijalankan di komputer dengan system operasi windows. WordPerfeck versi terakhir adalah WordPerfeck Office X3. WordPerfeck Office X3 membutuhkan spesifikasi hardware yang cukup tinggi dimana computer harus mempunyai prosesor Pentium III atau sederajat dan memori minimal 128 MB (direkomendasikan 256 MB).
WordPerfeck Office X3 juga dilengkapi kemampuan untuk membaca file-file yang dikerjakan di aplikasi Microsoft Office seperti Word, Excel, dan PowerPoint.
Kelebihan dari WordPerfeck Office X3 adalah dari harga yang ditawarkan. WordPerfeck Office X3.
Dijual dengan harga setengah dari harga Microsoft Word.

StarOffice Writer
StarOffice Writer adalah aplikasi pengolah kata yang bersifat multiplatform, artinya dapat dijalankan diberbagai system operasi, termasuk Linux, Solaris, Unix, dan Windows. StarOffice Writer dapat mengonversi file dokumen dari Microsoft Word dan WordPerfeck, melakukan perubahan dan bila diperlukan dapat mengonversi kembali ke file dokumen Word dan WordPerfeck.
Kelebihan dari StarOffice Writer adalah mempunyai banyak contoh memo, faks, surat, resume, dan dokumen untuk mempermudah pekerjaan. Dengan tampilan dan fitur-fitur yang ada di jendela StarOffice Writer. Pengguna yang sudah biasa menggunakan Microsoft Word tidak akan mengalami kesulitan untuk menggunakannya.
OpenOffice Writer
OpenOffice Writer adalah aplikasi pengolah kata yang bersifat open source, artinya kita dapat mendownloadnya dari internet (www.openoffice.org) dan menggunakan OpenOffice secara gratis, selain gratis kelebihan lain dari aplikasi OpenOffice Writer adalah dapat dijalankan di berbagai platform system operasi seperti Windows, indeks, dan lain-lain.
Microsoft Word
Word merupakan program pengolah kata yang paling banyak digunakan karena Word mempunyai kemampuan yang sangat handal untuk membuat berbagai jenis dokumen, mulai dari surat, buku, memo, berbagai jenis publikasi, dan dokumen-dokumen yang lain. OpenOffice Writer dapat digunakan dengan cara mudah (user friendly) karena word mempunyai tampilan berupa grafis yang dilengkapi dengan tombol-tombol dan menu-menu yang membuat kita dapat bekerja dengan mudah. Kelebihan dari OpenOffice Writer adalah kemampuan untuk menyisipkan objek-objek dari aplikasi lain atau file-file dari aplikasi lain seperti Excel, powerPoint, Corel Draw. Corel photo Paint. Adobe photoshop, dan lain-lain. Kelemahan pengolah kata Word adalah harganya yang relative mahal jika dibandingakan dengan aplikasi-aplikasi sejenis.
b. Perangkat Lunak Pengolah Angka
Sampai saat ini, kemampuan pengolah angka masih tetap digunakan, bahkan penggunaannya semakin luas. Untuk keperluan tersebut, banyak dikembangkan aplikasi-aplikasi pengolah angka.
KSpread
Kelebihan angka KSpread adalah tampilannya yang dilengkapi dengan menu-menu dan tombol-tombol sehingga mudah digunakan. KSpread dilengkapi dengan berbagai kemampuan dan fitur-fitur yang dibutuhkan dari sebuah aplikasi pengolah angka. KSpread dilengkapi dengan kemampuan untuk menggunakan banyak table dan lembaran kerja dalam satu dokumen, dan mempunyai banyak format grafik untuk menampilkan data dalam bentuk grafik. Untuk melakukan perhitungan, KSpread dilengkapi dengan lebih dari 100 fungsi. Dalam pengolah data, KSpread mempunyai kemampuan untuk mengurutkan data.
StarOffice Calc
StarOffice Calc merupakan aplikasi pengolah angka yang dikembangkan oleh Sun Microsystem. Kelebihan dari StarOffice Calc adalah kemampuannya untuk mengenali dan mengklarifikasi data yang ditempatkan di lembaran kerja yang membantu penggunanya untuk membuat grafik dari data tersebut sehingga lebih mudah dikomunikasikan dengan orang lain. StarOffice Calc dapat mengonversi file yang dihasilkan menjadi dokumen Microsoft Excel. Dengan demikian file-file yang dibuat di StarOffice Calc dapat di jalankan di Microsoft Excel.
OpenOffice Calc
OpenOffice Calc adalah aplikasi pengolah angka yang bersifat open source. Selain gratis kelebihan dari OpenOffice Calc adalah dapat dijalankan di berbagai platform system operasi seperti Windows, Linux, Solaris, dan Mac OS.
OpenOffice Calc memiliki tampilan jendela yang dilengkapi dengan menu-menu dan tombol-tombol toolbar dan didesain untuk mudah digunakan. Pengguna yang sudah terbiasa menggunakan aplikasi pengolah angka yang lain, Misalnya Microsoft Excel tidak akan mengalami kesulitan untuk menyesuaikan diri. Hal ini dikarenakan penempatan menu-menu, perintah-perintah dan tombol-tombol toolbar tidak jauh berbeda dengan Excel.
OpenOffice Calc cukup dilengkapi dengan kemampuan yang dibutuhkan dari sebuah aplikasi pengolah angka. OpenOffice Calc dilengkapi dengan kemampuan untuk membuat grafik-grafik, kemampuan untuk mengurutkan data dan fungsi-fungsi untuk melakukan perhitungan.
GMN Office – GNumeric
GNumeric adalah aplikasi pengolah angka yang merupakan keluarga dari GMN Office. GNumeric memiliki tampilan yang use friendly dimana jendela GNumeric dilengkapi dengan menu-menu dan tombol-tombol toolbar. Selain itu untuk membantu pengguna, GNumeric dilengkapi dengan help yang mudah digunakan untuk mencari bantuan. GNumeric didesain untuk menggantikan aplikasi pengolah angka komersial yang ada pada saat ini. Karena itu, GNumeric dilengkapi dengan hampir semua kemampuan dan fitur-fitur yang diharapkan dari sebuah pengolah angka.
Abacus
Abacus adalah aplikasi pengolah angka yang hanya menbutuhkan memori kecil dan sangat mudah digunakan. Awalnya, Abacus dikembangkan sebagai proyek mahasiswa di universitas IST, Portugal di bawah bimbingan Prof. Arlido Oliveira. Abacus memiliki tampilan yang dilengkapi menu-menu, tombol-tombol toolbar dan scroll bar yang membuat abacus mudah untuk digunakan. Abacus juga dilengkapi dengan kemampuan dan fitur-fitur standar dari sebuah aplikasi pengolah angka.
Xess
Xess adalah aplikasi pengolah angka yang dibuat oleh AIS (Applied Information System – www.ais.com). Xess dikeluarkan dalam dua versi yaitu versi enterprise yang dibuat untuk penggunaan ditingkat perusahaan dan versi lite yang ditunjukan untuk pengguna perorang. Untuk pengunaan di tingkat enterprise, Xess dikeluarkan dengan tiga macam pilihan ; Xess yang dilengkapi fitur-fitur standardan kompatibel dengan lotus dan Excel, XessPluss yang dilengkapi dengan kemampuan mengunakan Macro Add-Ins, dan xessSDK yang dilengakpi dengan fasilitas untuk malakukan pemrograman. Kelemahan yang mungkin dimiliki oleh Xess adalah harganya yang sangat mahal.

Lotus 1-2-3
Lotus 1-2-3 dibuat untuk memenuhi kebutuhan penggunaan pada tingakat perusahaan maupun pada tingkat pribadi. Kelebiahan lain dari aplikasi pengolah angka yang satu ini adaalh kemampuannya untuk mempertukarkan dokumen dengan aplikasi lainnya, seperti Excel.
Lotus 1-2-3 merupakan aplikasi pengolah angka yang paling tua. Sebagai palikasi pengolah angka, Lotus 1-2-3 dapt dinyatakan memiliki kemampuan dan fitur-fitur yang lengkap.
Microsoft Excel
Microsoft Excel hanya dapat dijalankan di system operasi widrows dan tidak pada system operasi lainnya. Excel dilengkapi dengan menu-menu dan tombol-tombol toolbar yang memudahkan penggunanya menjalankan perintah yang diinginkan. Jendela Excel juga dilengkapi dengan Task Pane, yang memngkinkan pengguna mencari bantuan dari Help Excel maupun bantuan secara online. Semua ini membuat Excel menjadi aplikasi yang mudah digunakan (user friendly).


c. Perangkat lunak pengolah presentasi
Presentasi merupakan salah satu bentuk komunikasi. Biasanya, presentasi dilakukan oleh seseorang atau kelompok dengan tujaun menyampaikan ide-ide atau hasil-hasil dari sesuatu. Inti dari presentasi adalah mengomunikasiakan apa yang ada di benak pembicara kepada pendengar. Presentasi sering kita jumpai di seminar-seminar, kantor-kantor, dan bahkan di ruang-ruang kelas.
StrarOffice Impress
StrarOffice Impress adalah aplikasi presentasi yang dikeluarkan oleh Sun microsystem. Kelebihan StrarOffice Impres adalah memungkinkan pengguna dapat menggunakan StrarOffice Impress untuk membuat slide presentasi berdasarkan tamplate yang sudah disediakan maupun penggunaan slide yang diatur sendiri.
OpenOffice Impress
OpenOffice Impress memiliki hamper semua fitur dan kemampuan yang diingikan dari sebuah aplikasi. OpenOffice Impress memiliki jendela yang dilengkapi dengan tombol-tombol dan menu-menu yang memungkinkan penggunanya dapat bekerja dengan mudah dan nyaman.
KPresenter
KPresenter adalah aplikasi presentasi yang bergabung dalam KOffice. Kelebihan dari KPresenter dapat berintegrasi dengan aplikasi KOffice yang lain.
KPresenter dilengkapi kemampuan untuk menyertakan semua jenis objek seperti grafik, gambar, Clip Art, dan komponen Koffice lainnya. KPresenter juga disertai dengan kemampuan untuk mengautr latar belakang presentasi dan menambahkan efek-efek khusus. KPresenter juga mampu menyimpen file presentasi dalam format HTML sehingga mudah untuk ditempatkan di halaman web. KPresenter juga dilengkapi dengan template-template presentasi.
Microsoft PowerPoint
Kelemahan aplikasi yang satu ini adalah hanya dapat dijalankan di system operasi windows. Meskipun demikian, Microsoft PowerPoint merupakan aplikasi presentasi yang paling banyak digunakan.
Beberapa fitur dan kemampuan yang dimiliki oleh Microsoft PowerPoint adalah sebagai berikut :
 Fasilitas undo dan redo
 Menampilkan struktur presentasi
 Mengirimkan file-file ke Word untuk di edit sebagai handout presentasi.
 Menambahkan header dan footer ke slide presentasi.
 Menambahkan isi presentasi dengan menggunakan teks dan table.
 Menggunakan taks pane untuk membuatpresentasi baru, mencari dokuman, menggunakan design template, layout serta menambahkan efek transisi dan aminasi.
 Memformat presentasi dengan mengatur color schemes, background, dan template.
 Menampilkan presentasi menggunakan layer computer, overhead projector (OHP) atau melalui web.
 Membuat dan mencetak catatan dari handout untuk berbicara dan mendengar.
 Menggunakan grafik, gambar, Clip Art dan berbagai objek lainnya.
 Menambahkan multimedia yang disertai suara, video, dan animasi ke dalam presentasi
 Mengemas slide presentasi ke CD sehingga dapat dijalankan secara otomatis ditempat lain.
 Menggunakan fitur web untuk membuat online broadcasts, diskusi web, rapat online, web scripts dan halaman web yang lengkap.

PENUTUP
A Penutup
 Perangkat lunak pengolah kata digunakan untuk mengolah teks, disertai dengan kemampuan untuk menyertakan gambar, table, grafik bersama dengan teks dalam dokumen.
 Beberapa pengolah kata yang digunakan secara luas antaralain : Lotus Word Pro, Corel WordPerfect, StarOffice Writer, dan Microsoft Word.
 Perangkat lunak pengolah angka digunakan untuk mengolah data berupa angka.
 Beberapa jenis-jenis aplikasi pengolah angka KSpread, StraOffice Calc, OpenOffice Calc, GNOME Office-GNumeric, Abacus, Xess, Lotus 1-2-3, dan Microsoft Excel
 Presentasi merupakan pengkomunikasian apa yang ada di benak pembicara.
 Bebrapa jenis-jenis aplikasi pengolah angka : StarOffice Impress, OpenOffice Impress, KPresenter, Microsoft powerPoint


DAFTAR PUSTAKA

http://ei.cs.vt.edu/book/chap 1/net_hist.html
Pandila, Henry.2007. Teknologi Informasi dan Komunikasi. Erlangga. Jakarta

0 komentar:

Posting Komentar

tianahalawa. Diberdayakan oleh Blogger.